Sunday 14 August 2011

Hotel daerah ancol

Ancol adalah sebuah tempat rekreasi terbesar di Asia Tenggara, yang berlokasi di pantai utara Jakarta atau dikenal dengan nama teluk Jakarta menghadap laut Jawa. Tempat rekreasi ini dibangun tahun 1962 selama pemerintahan presiden pertama Indonesia Soekarno untuk memberikan tempat bagi masyarakat Jakarta sebuah tempat rekreasi di ahir pekan atau hari-hari liburan. Taman hiburan ini terletak di sebelah Barat dari pelabuhan raksasa Tanjung Priok yang merupakan pusat dari pelayaran Indonesia atau sebagai hub dari berbagai pelayaran laut di Indonesia Barat, Tengah dan Timur. Daya tarik utama dari Taman Ancol adalah berbagai tempat hiburan seperta Dunia Fantasi untuk anak-anak teater Keong Mas, Pasar Seni, Kolam renang raksasa, Akuarium laut, dan berbagai hiburan dan aktivitas yang bisa dilakukan di laut seperti skuter, boat, sliding dan sebagainya.

Di dalam daerah Ancol sendiri ada sebuah pelabuhan kapal cruise atau boat antar pulau untuk beberapa resort yang ada di kepulauan Seribu. Di teluk Jakarta ini ada 130 pulau kecil yang bergerombol yang disebut dengan kepulauan Seribu. Beberapa di antaranya sudah dikembangkan menjadi sebuah resort yang sangat cocok untuk liburan di tempat itu seperti Pulau Ayer yang paling dekat dengan Jakarta, Pulau Sepa, Pulau Putri, Pulau Pantara, dan Pulau Kotok. Perkembangan resort ini sangat pesat antara tahun 1990 sampai dengan 1998, namun setelah bom Bali Oktober 2002 sebagian besar resort in bangkrut dan tutup, hanya beberapa saja yang masih melanjutkan operasinya, terlebih-lebih setelah bom Bali II September 2005 resort yang masih operasipun terpaksa harus menyusun ulang kegiantannya hanya menjadi week-end saja sampai sekarang ini. Begitu besar pengaruhnya teroris tersebut dalam menenggelamkan ekonomi Indonesia.

Untuk mengunjungi Ancol dan menginap di daerah tersebut sebenarnya ada beberapa hotel yang cukup bagus dan murah seperti hotel Raddin, Hotel Grand Ancol, Hotel Mercure dan yang mahal seperti Putri Duyung. Namun lagi-lagi setelah bom Bali II dua hotel yakni Raddin dan Grand Ancol terpaksa tutup dengan merumahkan ratusan karyawannya. Sehingga bagi mereka yang mencari hotel dengan harga budget di daerah Ancol saat ini tidak mungkin. Daerah yang terdekat dengan Ancol adalah daerah Mangga Dua dan daerah Cempaka Putih, namun di daerah inipun tidak ada hotel yang harganya budget, semuanya hotel bintang tiga paling rendah dengan harga yang cukup tinggi.

No comments:

Post a Comment